Mengenal sang "Godzilla" Nissan GT-R
Menjadi salah satu supercar bukan perjalanan pendek pada Nissan GT-R ini. Mobil sport ini telah berusia berusia 50 pada 2019. Selama usia sekitar 5 dekade ini, Nissan memiliki enam model GT-R sejak keluar perdana pada 1969.
Berikut perjalanan sejarah dari si Godzilla.
How The Legend Was Born
Perjalanan sejarah Nissan GT-R dimulai sejak tahun 1957 ketika Prince Motor Company memperkenalkan sebuah mobil yang diberi nama Skyline yang menggunakan mesin empat silinder segaris dengan daya maksimum 58 HP.Meski kala itu pun tak terdengar istimewa namun versi ini kemudian dimodifikasi dengan mencomot mesin enam silinder segaris berkapasitas 2.0 liter dari Gloria yang sanggup mengeluarkan daya maksimum 125 HP dan turun di ajang Japanese Grand Prix dengan nama Skyline 2000-GT. Versi inilah yang kemudian di tunggangi oleh Yoshikazu Sunako dan pada lap ketujuh sempat mempecundangi Porsche 904GTS. Momen inilah sebenarnya yang menjadi awal mula sejarah melegendanya nama Nissan Skyline di seluruh dunia otomotif.
Pada tahun 1966 Prince Motor Company memanggil seorang insinyur bernama Dr. Shinchiro Sakurai diangkat menjadi penanggung jawab pengembangan Skyline 2000-GT.Merasa tak cukup puas pada tahun 1969 mereka meluncurkan sebuah Skyline GT-R 4-pintu bermesin 2.0L 6 silinder segaris yang diambil dari mobil balap Prince R380 bertenaga 160 HP.Generasi ini juga biasa disebut "Hakosuka" Hako(kotak) Suka(skyline). Meski awalnya adalah sedan empat pintu biasa namun pada tahun 1971 desainnya berubah menjadi coupe dua pintu dan mulai menguasai ajang balap touring pada masanya.
Nissan Skyline ‘Kenmeri’ KPGC110
GT-R generasi kedua yaitu KPGC110 yang akrab disebut sebagai Nissan ‘Kenmeri’. Nama sebutan ini sebenarnya berawal dari iklan komersialnya yang menggambarkan sosok sepasang muda-mudi bernama Ken dan Mary sedang menjelajahi jalanan pedesaan di dalam kabin Nissan Skyline ini hanya diproduksi sebanyak 197 unit.Model kali ini mengadopsi bentuk fastback kayak muscle car dan tidak tersedia versi empat pintu.Skyline kenmeri tersedia dengan rem cakram depan belakang yang tidak lazim pada zamannya
Nissan Skyline 2000 RS-X
Nissan Skyline baru muncul kembali sekitar enam belas tahun sejak era Kenmeri. Mobil yang muncul pada tahun 1984 dengan nama Nissan Skyline 2000 RS-X memang bukan bagian dari DNA GT-R, namun keberadaannya tetap memiliki peran terhadap sejarah perjalanan panjang Nissan GT-R sendiri. Karena bukan bagian langsung dari generasi GT-R maka Skyline 200 RS-X bukan pula merupakan generasi ketiga dalam sejarah Nissan GT-R.Dengan mengandalkan mesin Turbo empat silinder berkapasitas 2.0 liter Nissan Skyline 2000 RS-X mampu menghasilkan daya maksimum 200 HP yang terbilang istimewa di era tahun 80-an. 2000 RS-X ini sekaligus menandari berakhirnya era tangan dingin Sakurai, sebab tongkat estafet bersejarah ini selanjutnya beralih ke tangan Naganori ito.
Nissan Skyline GT-R R32
Nissan Skyline GT-R R32 menjadi tonggak beberapa catatan penting dalam sejarah GT-R. Pertama adalah fakta bahwa R32 merupakan proyek pertama dibawah komando Hiroshi Tamura, kedua lewat R32 ini pulalah untuk pertama kalinya Nissan GT-R dijual di luar Jepang diawali dari Australia dan menyusul negara lain di kemudian hari. Dan ketiga tentu saja untuk pertama kalinya Nissan GT-R mendapat sebutan ‘Godzilla’
Mobil ini mempunyai body baru penggerak all wheel drive dan ditenagai oleh mesin 6 silinder segaris 2.6 liter twin turbo berkode RB26DETT.Pada tahun 1989 Skyline GT-R mengikuti kejuaraan balap jepang group A Sepanjang tahun 1989 hingga 1993 dan memenangkan 29 race dari 29 start,menang kejuaraan JTCC 1990 dan 1994 mencoba balapan 24 jam di Nurburgring dan menang.Memenangkan balap ATCC group A tahun 1990,1992 dan 1993 bersama gibson motorsport.
Mereka benar benar sulit dikalahkan sampai sampai ATCC mengubah peraturan balapan.Mereka adalah raksasa dari negeri matahari terbit yang menghancurkan apapun yang ada di hadapan mereka dan mulai dari saat itu GT-R dikenal dengan nama "Godzilla".
Generasi keempat Nissan GT-R muncul pada tahun 1995 dalam wujud Nissan Skyline GT-R R33 Perubahannya sendiri tidaklah signifikan dibanding R32, kecuali ubahan desain eksterior yang membuatnya lebih aerodinamis.GT-R R33 mempunyai sistem all wheel drive yang dirancang ulang dengan aktuator elektrik yang lebih akurat dan bisa diatur dibandingkan sistem hidrolik sebelumnya dan sekarang R33 lebih cepat 20 detik dibanding R32 di Nurburgring
Nissan Skyline GT-R R33
Generasi keempat Nissan GT-R muncul pada tahun 1995 dalam wujud Nissan Skyline GT-R R33 Perubahannya sendiri tidaklah signifikan dibanding R32, kecuali ubahan desain eksterior yang membuatnya lebih aerodinamis.GT-R R33 mempunyai sistem all wheel drive yang dirancang ulang dengan aktuator elektrik yang lebih akurat dan bisa diatur dibandingkan sistem hidrolik sebelumnya dan sekarang R33 lebih cepat 20 detik dibanding R32 di Nurburgring
Nissan Skyline GT-R R34 yang adalah generasi kelima GT-R sekaligus generasi terakhir Nissan Skyline meroket reputasinya semenjak disertakan sebagai salah satu mobil dalam film layar lebar The Fast & The Furious. Bukan hanya terakhir kalinya nama Skyline disandang namun juga untuk terakhir kalinya Nissan menawarkan transmisi GETRAG 6 speed manual untuk seri GT-R.seperti sebelumnya peningkatan di R34 ada di aerodinamika nya dan peningkatan seluruh aspek kendaraan
Menariknya meski hanya diproduksi dengan setir di sebelah kanan namun saat ini GT-R R34 banyak diminati di Amerika Utara terutama Kanada yang mengijinkan proses impornya secara legal meski tidak secara resmi dimasukkan oleh APM. Konon harga termurah Nissan Skyline GT-R R34 ini di Kanada bisa mencapai setidaknya $108,500.
Nissan GT-R R35
Generasi keenam Nissan GT-R mungkin adalah yang paling tidak asing bagi banyak orang terutama generasi yang lebih muda. kehadirannya merupakan tonggak kebangkitan kembali nama besar Nissan setelah sempat nyaris kolaps.
Kali ini ambisi besar Nissan begitu kental, bukan hanya ingin mendominasi Jepang dan negara-negara lain di sekitarnya namun lewat ‘Mecha Godzilla’ ini Nissan ingin mendominasi dunia, berhadapan dengan Ferrari, Lamborghini, McLaren dan nama-nama besar lain
Nissan GT-R R35 versi Nismo dibekali dapur pacu yang sanggup menghasilkan daya maksimum hingga 600 HP dan menghantarkan Supercar ini untuk berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari tiga detik dengan sangat mudah. Pada sebuah wawancara Hiroshi Tamura kembali menyebutkan bahwa distribusi massa yang sempurna pada GT-R R35 lah yang menjadi kunci performa Sang Godzilla hingga sanggup menekuk Ferrari dan Lamborghini yang harganya berkali-kali lipat lebih mahal.
Komentar
Posting Komentar